donat

Jumat, 03 Juni 2016

WISATA CANDI

1. CANDI PENATARAN BLITAR
Candi penataran atau panataran atau nama aslinya candi palah. Candi penataran ini berlatar belakang Hindu. Tau gak gengs candi Penataran ini merupakan candi termegah dan terluas loh se Jawa Timur candi ini terletak di lereng barat daya gunung Kelud di sebelah utara Blitar tepatnya di desa Penataran Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar Jawa Timur Di bagian belakang candi terdapat kolam kecil yang berisi beberapa ikan dan di dinding kolam juga terdapat relief yang masih cukup jelas, kolam mini ini di anggap suci dan di gunakan sebagai tempat ibadah ritual. selain candi-candi di kompleks ini juga di adakan sebuah pagelaran purnama seruling yang mana juga menjadi daya tarik para wisatawan. hanya wisatawan yang beruntung aja yang bisa melihat pagelaran ini pasalnya pagelaran ini tidak di adakan setiap hari tetapi setiap bulan purnama, pagelaran ini terbilang baru karna baru di adakan di bulan Oktober 2010 lalu, gak cuman seniman nusantara aja gengs tapi juga dari beberapa negara ikut memeriahkan acara ini, biasanya acara di mulai pukul tujuh malam sampai selesai


2. CANDI KALICILIK BLITAR
Candi kalicilik ini terletak di Desa Candirejo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar, keunikan dari candi ini dari pada candi lainnya yaitu terletak pada material yaitu dari batu bata yang direkatkan satu dengan yang lain dengan sistem gosok. Candi ini merupakan peninggalan Majapahit. Candi ini pernah di pugar oleh bangsa Belanda pada tahun 1913 untuk mengantisipasi dari keruntuhan dan pemugaran terakhir di lakukn oleh pemerintah indonesia pada 1993

3. CANDI PLUMBANGAN BLITAR
Candi Plumbangan ini terletak di desa Plumbangan kecamatan Doko Kabupaten Blitar. Untuk bentuk candi ini yaitu seperti pintu gerbang, candi Plumbangan ini terbuat dari batu andesit. Pintu gerbang memiliki sayap pada kanan kirinya dan tidak mempunyai relief, namun hanya mempunyai pelipit garis saja. Untuk bagian atas ambang pintu terdapat pahatan angka tahun 1312 Saka  (1390 M). Secara umum sih kondisi candi saat ini masih cukup terawat ya gengs.


4. CANDI SAWENTAR BLITAR
Candi Sawntar ini terletak di Desa Sawentar Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Bangunan candi ini dulunya merupakan sebuah kompleks percandian gengs , karena disekitarnya masih ditemukan sejumlah pondasi yang terbuat dari bata, dan candi ini kemungkinan didirikan pada awal berdirinya Kerajaan Majapahit.
 
5. CANDI BACEM BLITAR 
candi bacem ini terletak di Dusun Cungkup Desa Bacem Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Candi ini terbuat dari batu bata sebanyak dua buah candi. Untuk bentuk dari candi ini sudah tidak beraturan karna susunan batu batanya sudah tidak jelas atau sudah tidak menampilkan profilnya yang asli gengs, sayang banget yaa.

6. CANDI GAMBAR WETAN BLITAR 
candi gambar wetan ini terletak 7km arah utara dari candi penataran, ntuk akses ke candi ini belum terdapat kendaraan umum ya gengs pasalnya area candi ini terletak di jalur lahar gunung Kelud, untuk candi sendiri sudah tidak utuh lagi yang tersisa hanya tinggal batur candi saja, sedangkan bagian lain dari candi ini yaitu terdapat dua buah dwarapala yang menjaga di pinggir tangga masuk candi ini gengs. candi berada di atas puncak bukit dengan melalui tangga
 
7. CANDI KOTES BLITAR
Candi kotes ini terletak di desa Kotes Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar ya gengs, untuk candi ini sendiri sudah tidak utuh lagi gengs hanya tersisa kaki candi saja. Di atas candi ini terdapat dua altar dan miniatur candi. Untuk miniatur candi ini sendiri terdapat tiga bagian yaitu atap tubuh dan kaki candi gengs!!!

8. CANDI RAMBUT MONTE BLITAR
Candi rambu monte ini terletak di Desa Krisik Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Candi rambut monte ini terbuat dari batu andesit gengs. Untuk ukuran candi ini sendiri tidak terlalu besar ya gengs hanya mempunyai tinggi sekitar 85 cm saja karena bagian atapnya telah runtuh dan sekarang yang tersisa hanya bagian badan dan kaki saja.

9. CANDI RAMBUT MONTE BLITAR
Candi rambu monte ini terletak di Desa Krisik Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Candi rambut monte ini terbuat dari batu andesit gengs. Untuk ukuran candi ini sendiri tidak terlalu besar ya gengs hanya mempunyai tinggi sekitar 85 cm saja karena bagian atapnya telah runtuh dan sekarang yang tersisa hanya bagian badan dan kaki saja.


10. CANDI WRINGIN BRANJANG BLITAR 

Candi Wringin Branjang terletak di desa Gadungan, kecamatan Gandusari, kabupaten Blitar, Jawa Timur.  Candi yang terbuat dari batu andesit ini punya bentuk yang sangat sederhana gengs. Struktur bangunannya tidak memiliki kaki candi ya gengs ,tapi cuma punya tubuh dan atap candi saja.  Pada bagian dinding tidak terdapat relief atau hiasan lainnya, tetapi dinding-dinding ini punya lubang ventilasi yang sederhana. Bentuk atap candi menyerupai atap rumah biasa, dan diduga bangunan candi ini merupakan tempat penyimpanan alat-alat upacara dari zaman Kerajaan Majapahit yakni pada abad ke 15gengs

11. CANDI TEPAS BLITAR
Candi Tepas terletak di Tepas, Kesamben, Blitar, Jawa Timur. Secara keseluruhan struktur bangunan candi ini telah rusak gengs. Struktur bangunan yang tertinggal saat ini adalah bagian pondasi,Keseluruhan bangunan candi ini terbuat dari batu andesit, kecuali bagian dasar candi yang menggunakan bata merah.

12. CANDI SIMPING BLITAR
Disebut juga candi Sumberjati, karena terletak di desa Sumberjati, kecamatan Kademangan, Blitar. sebenarnya candi ini bisa aja di pugar gengs tapi mengingat ada bagian candi yang hilang jadinya pemugaran belum bisa di lakukan. Candi ini merupkan persemayaman abu jenazah Raden Wijaya. Candi ini pernah dikontruksikan loh gengs gambarnya oleh Dinas kepurbakalaan dan dari kontruksi itu kelihatan banget kalau sebenarnya candi ini tinggi dan ramping gitu bentuknya.









0 komentar:

Posting Komentar